Brantas Abipraya Bersama 3 BUMN Karya Lainnya Gelar Rapat Kerja Komunikasi, Perkuat Sinergi dan Strategi
Jakarta, 28 April 2025 – PT Brantas Abipraya (Persero) bersama tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sukses menyelenggarakan Rapat Kerja Komunikasi BUMN Karya untuk memperkuat strategi komunikasi dan kolaborasi antar BUMN Karya (23/4). Acara yang digelar di Kantor Pusat Brantas Abipraya ini selain dihadiri para Insan BUMN Karya penggiat humas, hadir juga Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Strategi Komunikasi dan Hubungan Publik; Rachman Ferry Isfianto, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Fasilitasi Dukungan Strategis, Kementerian BUMN; Direktur SDM dan Umum, Tumpang Muhammad; Direktur Operasi I Brantas Abipraya, M. Toha Fauzi; Corporate Secretary dari empat BUMN Karya yaitu PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., dan PT PP (Persero) Tbk.
“Narasi utama dalam setiap komunikasi BUMN harus berfokus pada dukungan terhadap ekonomi kerakyatan, pembangunan berkelanjutan, serta kontribusi nyata bagi negara. Komunikasi yang kuat dan strategis menjadi kunci keberhasilan BUMN dalam menjaga kepercayaan publik dan menjalankan perannya sebagai agen pembangunan,” ujar Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Strategi Komunikasi dan Hubungan Publik.
Sejalan dengan Dian Sovana, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya mengatakan bahwa
di era digital, komunikasi yang efektif tidak hanya terpusat pada kantor pusat atau tim humas di tingkat korporasi, melainkan juga harus merata hingga ke setiap unit kerja. Ditambahkannya acara ini menjadi momentum bagi seluruh Insan BUMN Karya untuk menerapkan strategi komunikasi yang lebih kuat, inovatif dengan meningkatkan kualitas dan strategi. Dengan komunikasi yang lebih terbuka, transparan, dan terintegrasi dari pusat hingga ke level terbawah, BUMN Karya dapat semakin dekat dengan masyarakat lewat penyuguhan informasi yang lebih akurat dan relevan.
Tumpang Muhammad, Direktur SDM & Umum Brantas Abipraya saat menyampaikan sambutannya berujar, “Hal ini sangat penting, karena dengan menyusun strategi yang kuat dalam mendukung publikasi program Asta Cita Pemerintah, dapat meningkatkan citra juga dukungan positif dari publik.”
Tambahnya lagi, era disrupsi digital dan derasnya informasi, tim humas harus menjadi garda terdepan dalam membentu persepsi publik dan melawan disinformasi yang semakin masif. “Dalam hal ini tim humas tidak dapat bekerja sendiri namun perlu didukung segala lini karena harus lebih dari sekedar penyampai informasi namun juga harus proaktif dan membangun narasi yang solid, memastikan masyarakat mendapat informasi yang tepat dan akurat,” kata Tumpang Muhammad, Direktur SDM & Umum Brantas Abipraya.
Sebagai informasi, dengan bersinergi bersama seluruh BUMN Konstruksi, Brantas Abipraya melakukan glorifikasi kinerja positif BUMN dengan menyebarkan berita baik pada pembangunan infrastruktur karyanya. Glorifikasi positif BUMN inipun perlu juga didukung dengan sinergi kuat kehumasan dan optimalisasi fungsi kehumasan dalam diseminasi informasi.
“Semoga setelah mengikuti rapat kerja komunikasi ini, Brantas Abipraya beserta BUMN Kostruksi lainnya semakin siap dan semakin optimal dalam menyampaikan pesan dan komunikasi yang efektif serta efisien ke masyarakat. Serta diharapkan koloborasi antar BUMN Konstruksi ini dapat memperkuat dan meningkatkan citra juga kepercayaan publik terhadap industri konstruksi Indonesia,” tutup Dian Sovana, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.