Wajah Baru Lapangan Tenis GBK Karya Abipraya, Diresmikan Presiden

03 Februari 2018


Jakarta, 3 Februari 2018Sebagai salah satu bentuk komitmen PT Brantas Abipraya (Persero) dalam mendukung perhelatan olahraga terbesar 2018 ini yaitu Asian Games. Hal ini dibuktikan dengan diresmikannya Stadion Tennis Indoor dan Tennis Outdoor di Kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta oleh Presiden Joko Widodo pagi tadi.

"Semoga wajah baru dari stadion tenis ini dapat menambah kebanggaan Indonesia terhadap karya anak negeri yang tak kalah dengan stadion negara lainnya," ujar Bambang E. Marsono, Direktur Utama PT Brantas Abipraya (Persero).

Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena tampilan terkini stadion tersebut dibesut modern dan bertaraf internasional. Dari anggaran dana sebesar Rp 2,8 Triliun yang dikucurkan Pemerintah untuk renovasi komplek kawasan Gelora Bung Karno, Brantas Abipraya mendapatkan kontrak pembagunan ini dengan nilai Rp 92,8 Miliar. Dana ini dialokasikan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dengan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemananan Wiranto dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Presiden Jokowi mengatakan bahwa peresmian lapangan tenis ini menjadi bukti kesiapan Indonesia dalam menyongsong penyelenggaraan Asian Games yang akan dilaksanakan Agustus 2018 esok.

Kian megah berdiri di kawasan GBK, lapangan tenis berstandar internasional ini kini dapat menampung lebih banyak penonton. Pasalnya, untuk lapangan indoor saat ini dapat dipenuhi 3.954 orang penonton dan 3.832 orang penonton untuk lapangan outdoor.

“Tampilan terbarunya tak hanya terlihat dari daya tampung audiens saja, kursi-kursinya juga tampak lebih modern dan nyaman dengan single seat, yang dulunya hanya menggunakan kayu memanjang,” imbuh Bambang.

Semakin modern dan nyaman, fasilitasnya pun bertambah. Hal ini terbukti dengan adanya kursi harcourt softbase, sistem pencahayaan 1.500 lux, scoring board dan sistem AC chiller watercool di lapangan indoor. Untuk lapangan outdoor, selain dilengkapi sound system yang kekuatan kapasitasnya diperkuat juga ada kamera CCTV.

Kian memperkukuh posisinya menjadi salah satu BUMN Konstruksi di Indonesia, tak hanya melakukan renovasi Tennis Indoor dan Tennis Outdoor saja, Abipraya pun telah berhasil membangun hunian vertikal untuk para atlet Asian Games 2018 nanti, yaitu Wisma Atlet Kemayoran C2-1 dan C2-3, juga Wisma Atlet di Jakabaring, Palembang.

“Adalah tantangan kami untuk membenahi salah satu bangunan yang menjadi aset negara ini, dan tantangan juga untuk kami serta masyarakat agar dapat terus menjaga dan memeliharanya,” Tutup Bambang.