Tes Wawancara Kandidat Management Trainee, Abipraya Mencari Talent Muda Berbakat

17 Juni 2022


Jakarta, 17 Juni 2022 - PT Brantas Abipraya (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya, membuktikan komitmennya untuk mewujudkan karya konstruksi terbaiknya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Komitmen ini didukung kuat oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) BUMN ini yang biasa disebut sebagai Insan Abipraya. Dalam rangka pemenuhan jumlah SDM dan mendukung program Rekrutmen Bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, Abipraya menggelar tes wawancara offline Management Trainee di Kantor Pusat Brantas Abipraya, Jakarta.

“Kami sangat apresiasi antusias para generasi muda dalam keikutsertaannya di rekrutmen ini. Brantas Abipraya memberi kesempatan sebesar-besarnya untuk insan muda dari seluruh Indonesia untuk bergabung dan berkarya membangun negeri,” ujar Sugeng Rochadi, selaku Direktur Utama Brantas Abipraya.

Tercatat sebanyak 484 peserta yang lulus seleksi awal dan diundang hadir mengikuti tahap wawancara offline ini. Wawancara ini merupakan bagian dari tes kemampuan bidang. Para peserta telah mendapatkan jadwal secara bergantian dari tanggal 13 - 17 Juni 2022. Seluruh pesertapun diwawancara langsung oleh para Pejabat Eselon I dan Pejabat Eselon II Brantas Abipraya. Proses seleksi pada tahap ini menjadi langkah yang paling penting, karena diharapkan nantinya akan menemukan dan menentukan karakteristik dengan persyaratan jabatan atau posisi yang akan ditempati.

Tentunya para peserta harus memiliki pengetahuan lebih dalam mengenai budaya atau core value yang menjadi landasan dari BUMN yaitu AKHLAK, terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Sugeng mengatakan bahwa AKHLAK merupakan pondasi yang terpenting untuk bekerja, terdiri dari kata-kata afirmasi yakni AMANAH adalah memegang teguh kepercayaan yang diberikan, lalu KOMPETEN yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, HARMONIS berarti perilaku saling peduli dan menghargai perbedaan. LOYAL yakni berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, ADAPTIF yang berarti terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, serta yang terakhir KOLABORATIF yang merupakan semangat membangun kerja sama yang sinergis.

Pada kesempatan yang sama, Senior Manager Human Capital Brantas Abipraya Satiyobudi Santoso menyampaikan bahwa pelaksanaan rekrutmen Abipraya sepenuhnya diproses melalui situs resmi rekrutmen Brantas Abipraya. Selain itu proses rekrutmen Abipraya  sangat transparan dan akuntabel, sehingga seluruh potensi talent Management Trainee dapat terlihat jelas. Ditambahkannya lagi, seluruh proses rekrutmen Abipraya bebas dari biaya atau pungutan serta rangkaian tes yang diikuti peserta dijamin dari bebas dari potensi kecurangan dan bebas KKN.

Satyobudi Santoso, Senior Manager Human Capital Brantas Abipraya

“Melalui rekrutmen MT ini, Brantas Abipraya juga ingin menunjukkan bahwa tidak hanya fokus melahirkan karya-karya infrastruktur yang unggul, namun kami juga fokus terus mengembangkan talenta human capital. Hal ini dilakukan agar Insan Abipraya kelak dapat selalu meningkatkan kompetensinya dan dapat bersaing kuat di dunia konstruksi,” tutup Sugeng.