SISWA MENGENAL NUSANTARA MELALUI "BUMN HADIR UNTUK NEGERI"

01 Mei 2015


Indonesia merupakan sebuah negeri yang berlimpah kekayaan alam dan dihiasi dengan berbagai keragaman, mulai dari ribuan pulau yang menghiasi khatulistiwa, dengan ragam budaya, bahasa daerah, suku bangsa, ras, agama dan kepercayaan, dan lain-lainnya, namun mampu tegak berdiri sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai perwujudan semboyan "Bhineka Tunggal Ika", yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Melalui Program Siswa Mengenal Nusantara, Kementerian BUMN mengharapkan tunas-tunas muda generasi penerus bangsa, harus mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa tercinta Indonesia sekaligus terus memajukan peradaban bangsa. Harapan ini juga menjadi bagian dalam "membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders)" mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta "Membangun Kapasitas Nasional (Nasional Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa".

Pelaksanaan Program Siswa Mengenal Nusantara diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dengan pertukaran pelajar SMU seluruh Nusantara 2015 dengan metode pemberian kesempatan kepada 17 Pelajar SMU kelas XI pada setiap Provinsi, yang secara proporsional mewakili Kota/Kabupaten pada setiap Provinsi tersebut. Peserta dikirimkan ke daerah lain selama dua minggu pada saat libur sekolah, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi lain. Pemilihan siswa dilakukan melalui sistem seleksi oleh BUMN PIC Kegiatan pada setiap Provinsi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan berdasarkan kriteria (persyaratan) yang telah ditetapkan, dan dalam pelaksanaan kegiatan juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi. Pengumuman seleksi dilakukan melalui surat edaran ke sekolah-sekolah yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat Provinsi (Dinas), serta website BUMN Hadir Untuk Negeri URL http://untuknegeri.bumn.go.id.

Program ini dimulai dalam rangkaian Peringatan 70 tahun Indonesia Merdeka, dan diharapkan menjadi kegiatan rutin tahunan yang akan dilakukan secara reguler di tahun-tahun mendatang, sehingga menjadi sebuah program yang berkelanjutan.