Semangat Nasionalisme, Abipraya Sokong Ketahanan Pangan Lewat Deretan Bendungan Karyanya

17 Agustus 2020


Jakarta, 17 Agustus 2020 - Rayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia yang ke-75, PT Brantas Abipraya (Persero) kobarkan semangat nasionalismenya dengan mendedikasikan diri kepada Indonesia. Membuktikan dengan selalu membuahkan kinerja terbaiknya, melalui pembangunan bendungan-bendungan di beberapa titik wilayah Indonesia. Total 12 proyek bendungan sedang dikerjakan BUMN konstruksi ini dan ditargetkan lima diataranya tuntas tahun ini.

"Tahun ini kami targetkan lima bendungan yang selesai dibangun. Dari Sumatera, tepatnya di Aceh, tahun ini selesai Bendungan Keureuto, lalu Bendungan Tukul lanjutan, di Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Bendungan Kuningan di Indramayu, Jawa Barat, lalu Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan dan Bendungan Bintang Bano di Kalimantan Selatan,” ujar Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Memantapkan komitmennya dalam mendukung ketahanan pangan untuk negeri, tak hanya lima bendungan yang ditargetkan rampung tahun ini, tujuh bendungan lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia lainnya yang sedang digarap Abipraya adalah Bendungan Ciawi di Jawa Barat, Bendungan Semantok di Nganjuk - Jawa Timur, Bendungan Sidan di Bali, Bendungan Bringin Sila yg berlokasi di Sumbawa, NTB. Lalu di Gorontalo, Sulawesi Utara Abipraya membangun Bendungan Bulango, dan di Purworejo, Jawa Tengah untuk pembangunan Bendungan Bener 1 dan Bener 4.

Sederet bendungan yang dibesut Abipraya ini diharapkan dapat memberikan sokongan untuk pemenuhan kebutuhan target ketahanan air dan pangan secara nasional, khususnya penyediaan air baku sebesar 54,81 m3/detik pada 2024 sesuai target yang disasar Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Fokus berkontribusi mendorong ketahanan pangan di Indonesia, tak hanya bendungan Abipraya juga sedang menyelesaikan beberapa pekerjaan irigasi, salah satunya adalah Irigasi D.I Baliase di Sulawesi Selatan. “Semangat kami (Brantas Abipraya) dalam mendedikasikan diri kepada Negara ini adalah bukti nyata telah dijalankannya nilai-nilai BUMN yaitu AKHLAK,” ujar Anas.

Bukannya tanpa alasan, AKHLAK sendiri adakah nilai yang dimiliki BUMN yang terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Sebagai penerapan nilai Loyal, melalui semangat membangun negeri, Abipraya tunjukkan nasionalismenya kepada Indonesia.