Petani Sambut Baik Pembangunan Saluran Irigasi oleh PT. Brantas Abipraya

10 Juni 2021


Jakarta, 10 Juni 2021 – PT Brantas Abipraya (Persero) terus menyelesaikan proyek modernisasi di sejumlah saluran irigasi di wilayah Kabupaten Indramayu dan Majalengka.

 

Masyarakat di lokasi proyek RIMP LSS 05 menyambut baik adanya proyek modernisasi yang satu ini. Harapan masyarakat khususnya petani di wilayah sekitar bisa terkabul. Sebab, sudah lama menantikan adanya perbaikan irigasi yang sudah mengalami pendangkalan.

 

“Alhamdulillah, keinginan masyarakat, terutama petani bisa terwujud. Proyek pembangunan saluran irigasi dan sodetan sudah lama dinantikan petani setempat,” jelas Tardi (54), petani asal Tukdana Indramayu kepada Radar Indramayu, kemarin.

 

Pelaksana Utama PT. Brantas Abipraya Bram Mahardiyanto menjelaskan saat ini pihaknya sedang mengebut pembangunan saluran irigasi dan sodetan. Agar manfaatnya dapat segera dinikmati oleh masyarakat sekitar Indramayu dan Majalengka, Jawa Barat.

 

“Kegiatan proyek irigasi ini berlangsung di Desa Pegedangan, Kecamatan Tukdana. Mereka (pekerja, red) sedang membuat sloop miring, pemasangan lining, dan pengecoran capping, dan top bouwplank,” jelas Bram.

 

Kegiatan RIMP LSS 05 PT Brantas Abipraya di wilayah Kecamatan Bangodua kini melakukan pembuatan pengelak (sodetan) di saluran sekunder. Desa Sukaperna sedang dikerjakan pengurasan saluran sekunder hingga pembuatan sloop, capping, LC, dan pemasangan lining.

 

Kemudian pekerjaan proyek dilanjutkan ke saluran pembuang Karanggetas. Tepatnya di Desa/Kecamatan Bangodua tengah melaksanakan pembuatan galian pondasi batu dengan excavator. Hal ini dilakukan guna menahan tanah yang amblas di saluran pembuang Karanggetas.

 

Di samping itu, adanya kegiatan tanggap darurat tanggul Kali Cimanuk Desa Karanggetas. Mereka sedang melakukan pemasangan bronjong batu untuk menahan banjir dari luapan Kali Cimanuk.

 

Sedangkan kegiatan di RIMP LSS 05 PT. Brantas Abipraya di Kabupaten Majalengka. Tepatnya di Desa Pangkalan Pari Kecamatan Jatitujuh, sedang pemasangan bekisting, besi parapet, serta pengecoran. “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat setempat. Proyek yang dikerjakan PT Brantas Abipraya mendapat dukungan penuh dari masyarakat,” pungkasnya.

 

Sumber: https://indramayu.radarcirebon.com/petani-sambut-baik-pembangunan-saluran-irigasi-oleh-pt-brantas-abipraya/