Nikmati Keindahan Bendungan Jatibarang Garapan Brantas Abipraya

21 Maret 2017


Jenuh berlibur ke pantai dan gunung, Abipraya akan menambah alternatif destinasi wisata lain, yaitu berlibur ke Bendungan Jatibarang. Menikmati indahnya alam disekitar Bendungan Jatibarang sangat cocok sekali bersama keluarga tersayang. Bendungan Jatibarang yang berlokasi di Semarang ini telah selesai dibangun oleh PT Brantas Abipraya (Persero) pada November 2014.

Ini adalah proyek Joint Operation antara PT Brantas Abipraya bersama PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya. Pada joint operation ini, Brantas Abipraya memegang saham sebesar 51%, PT Waskita 33% dan PT Wika 16%.

Tak hanya sebuah bendungan, bersiaplah dimanjakan dengan keeksotisannya. Bukannya tanpa alasan, pemandangan menyejukkan dengan pepohonan hijau mengitari kawasan Bendungan Jatibarang menambahkan kecantikan dan keindahannya. Mulai dibangun pada tahun 2009, daerah genangan bendungan ini memiliki luas sekitar 189 hekter. Tepat pada Hari Air Dunia yang jatuh pada tanggal 5 Mei, Jatibarang telah dapat menampung sekitar 20,4 juta meter kubik air.

Menambah keseruannya, di tengah bendungan Jatibarang terdapat pulau yang dapat dikunjungi para wisatawan. Di dalam pulau tersebut, wisatawan dapat menemukan objek wisata Goa Kreo. Jangan terkejut, di sana para wisatawan dapat bermain dengan monyet berekor panjang yang jumlahnya banyak sekali. Dengan menyebrangi jembatan, wisatawan dapat menuju pulau tersebut. Beberapa perahu pun telah disiapkan bila ingin menelusuri Pulau Kreo yang ada di tengah.

Selain itu menjadi tempat wisata, bendungan indah di Semarang ini dapat dimanfaatkan menjadi pasokan air dari PDAM setempat, guna lebih memudahkan dalam pemasokan air kerumah-rumah warga. Tak hanya itu, ternyata Waduk Jatibarang juga dimanfaatkan dalam menjalankan mesin pembangkit listrik mikro hidro. Yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik di Kota Semarang.