Kunjungan Menteri PUPR ke Proyek Bendungan Sidan

02 September 2019


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D. bersama Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Dr. Ir. Hari Suprayogi, M.Eng, dan Kepala Pusat Bendungan, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Ni Made Sumiarsih, M.Eng dan Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida , Airlangga Mardjono,ST.,MT kemarin (1/9) mengunjungi pelaksanaan Proyek Pembangunan Bendungan Sidan 

Bendungan Sidan dikerjakan Balai Wilayah Sungai Bali – Penida Ditjen Sumber Daya Air memiliki kapasitas tampung 3,82 juta meter kubik, mengairi Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli dan Kabupaten Gianyar. Bendungan ini dibiayai menggunakan APBN 2018 – 2021 senilai Rp 800 miliar dan ditargetkan akan selesai tahun 2021.

Pembangunan bendungan ini diikuti dengan pembangunan jaringan irigasi yang mengalirkan air ke sawah-sawah milik petani, sehingga pembangunan Bendungan Sidan juga akan berdampak pada ketahanan pangan. 

Pembangunan Bendungan Sidan adalah salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur untuk mendukung mendukung ketahanan air dan ketahanan pangan nasional.

Selain itu, Pembangunan Bendungan Sidan akan memberikan manfaat dari segi konservasi, pariwisata, dan pemanfaatan air baku sebesar 1,75 m3/detik untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro.

Dalam Kunjungan Bapak Mentri beserta jajarannya memberikan tesimoni positif untuk memberikan semangat agar pelaksanaan lebih baik dan membangun.

Kunjungan tersebut turut mendampingi Dirjen SDA yaitu Direktur Utama Bapak Bambang Esti Marsono, Direktur Operasi 1 PT Brantas Abipraya (Persero)  Bapak Syarif, General Manager Divisi Operasi 2 Dody Setiawan, Manager Operasi 1 Divisi Operasi 2 Anwar Khoirudin dan Manager Wasdal Divisi Operasi 2 Sabiq Eko Saputra.