Komitmen Peduli Lingkungan, Abipraya Tanam 12.500 Bibit Pohon Sengon

25 April 2018


Bogor, 25 April 2018 - PT Brantas Abipraya (Persero), salah satu BUMN Konstruksi yang tak hanya jawara membangun bendungan, gendung, jalan dan jembatan, tapi berkomitmen juga untuk melestarikan lingkungan dan mencegah kerusakan alam. Hal ini dibuktikan Abipraya dengan membangun Desa Binaan melalui penanaman 12.500 bibit pohon sengon yang perdana penanamannya pada Rabu, 25 April 2018, di Kampung Legok Banteng, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

“Melalui PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan), penanaman bibit pohon ini dilakukan selain untuk mewujudkan Desa Binaan Abipraya juga untuk melestarikan dan mengantisipasi adanya bencana tanah longsor dan banjir bandang di sekitar area penanaman ini,” ujar Bambang E. Marsono selaku Direktur Utama Brantas Abipraya.

Tak hanya penanaman bibit pohon sengon saja, dalam kesempatan ini Abipraya juga memberikan bantuan secara simbolis berupa 2.500 bibit pohon jambu dan 2.500 bibit pohon sirsak serta renovasi sarana ibadah untuk warga Kampung Legok Banteng, Desa Cijayanti, Bogor. Berperan sebagai agen pembangunan nasional yang selalu berkomitmen menjaga lingkungan, seluruh bibit pohon sengon ini ditanam di area lahan seluas 5 hektar.

Gerakan positif ini disambut gembira oleh masyarakat Desa Cijayanti dan sekitarnya. Bukannya tanpa alasan, sejalan dengan slogan PKBL milik BUMN konstruksi ini yaitu Abipraya Peduli, Bambang menambahkan selain untuk penghijauan, nantinya perkebungan sengon ini akan meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar perkebunan sengon dengan memperdayakan tenaga kerja lokal, tumpang sari juga menunjang pariwisata di Bogor.

Acara penanaman perdana bibit pohon sengon dan penyerahan bibit jambu merah serta sirsak ini tak hanya dihadiri oleh jajaran Direksi dan manajemen Brantas Abipraya, namun juga perwakilan dari Sekretariat Daerah Kota Bogor, Kepala Dinas Sekretaris BPBD, Kepala Bidang Rehabilitasi Konstruksi BPBD Bogor, Kapolsek Babakan Madang, Danramil Babakan Madang, Camat Babakan Madang, Tokoh Masyarakat Bogor dan warga Desa Cijayanti.

“Kami serius dengan misi Abipraya terhadap kepeduliaan dan pelestarian lingkungan hidup, khususnya menghijaukan negeri. Karena kami sadar menanam pohon itu sangat penting khususnya untuk menopang sistem hidup kehidupan manusia,” imbuh Bambang.

Diharapkan perkebunan sengon Abipraya nantinya memberikan manfaat optimal untuk masyarakat sekitar dan perusahaan konstruksi milik negara ini konsisten dengan komitmennya untuk terus membangun negeri melalui program Bina Lingkungannya.