Kementrian PUPR mengembangkan Kampus PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood yang dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI)

26 Maret 2019


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembangkan Kampus PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood yang dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI). Pengembangan kawasan dilakukan secara bertahap diantaranya pembangunan Gedung Utama Kementerian PUPR yang rampung tahun 2015 dan telah mendapatkan sertifikasi bangunan hijau dari GBCI. Adapun pengerjaan proyek ini dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero). Kehadiran ruang terbuka hijau (RTH) bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk beristirahat diluar ruang, dan selain akses penghubung antar bangunan juga dapat dinikmati dari dalam ruang kerja. “Dengan kawasan kerja yang nyaman akan mendukung kualitas kerja.

Dalam pengembangan kawasan Kampus PUPR juga menargetkan Zero Run Off dengan melakukan rain water harvesting, recycling dan reuse. Air hujan turun di area resapan kemudian dialirkan masuk dalam drainase kawasan. Pada saat terjadi curah hujan tinggi, kelebihan aliran air disalurkan ke dua tampungan air bawah tanah dengan kapasitas total 1.200 m3 yang kemudian di daur ulang sebagai air untuk menyiram tanaman, flushing urinoir dan air cooling tower