COD PLTM Padang Guci-2, Bukti Nyata Kontribusi Pengembangan EBT oleh Anak Usaha Brantas Abipraya

20 Desember 2021


Jakarta, 20 Desember 2021 - PT Brantas Energi (BREN) yang merupakan anak usaha PT Brantas Abipraya (Persero) membuktikan kontribusi nyatanya dalam mendukung pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya penandatanganan Berita Acara Commercial Operation Date (COD) untuk PLTM Padang Guci-2. Acara penandatanganan diselenggarakan di Kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB), Palembang pada 16 Desember 2021.

“Penandatanganan Berita Acara COD ini menandakan bahwa PLTM Padang Guci-2 secara resmi sudah sinkron dan dapat menyuplai energi listrik ke sistem PLN S2JB dalam rangka men-support keandalan sistem kelistrikan setempat untuk mencukupi demand masyarakat sehingga diharapkan dapat memicu pertumbuhan perekonomian di sekitar PLTM,” ujar Firmansyah Ibnu Haryoso selaku Direktur Teknik dan Operasi BREN.

Ditambahkannya, ini juga sebagai bentuk sinergi antara PT Brantas Abipraya (Persero) dengan PT PLN (Persero) untuk menghadirkan sistem kelistrikan yang andal dengan memanfaatkan potensi alam setempat.

Penandatanganan dilakukan oleh Bambang Dwiyanto, General Manager PT PLN (Persero) UIW S2JB dan Rahmatullah, Direktur PT Brantas Hidro Energi (BHE). PT BHE merupakan Special Purpose Company (SPC) milik BREN yang nantinya akan melaksanakan kegiatan operasional PLTM Padang Guci-2. Selain Firmansyah, acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh Ramli Ibrahim, Komisaris Utama BREN.

PLTM Padang Guci-2 memiliki kapasitas 2 x 3,5 MW. PLTM ini dibangun di Desa Bungin Tambun, Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Lokasinya berada sekitar 6 km di sebelah hulu dari PLTM Padang Guci-1 yang juga dimiliki oleh BREN dan sudah beroperasi sejak tahun 2017. PLTM ini menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan setempat yaitu aliran Sungai Padang Guci, sehingga menjadikannya pembangit listrik yang ramah lingkungan. Pelaksanaan konstruksi PLTM Padang Guci-2 dikerjakan oleh Brantas Abipraya.

Dengan mulai beroperasinya PLTM Padang Guci-2 maka menambah portfolio BREN dalam mengoperasikan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan. Hingga kini BREN telah berhasil membangun dan mengoperasikan 1 unit pembangkit tenaga surya dan 3 unit pembangkit tenaga hydro dengan total kapasitas 21,0 Megawatt (MW). Daftarnya adalah PLTS Gorontalo sebesar 2,0 MWp, PLTM Padang Guci-1 dengan kapasitas terpasang 3 x 2,0 MW, PLTM Sako-1 dengan kapasitas terpasang 2 x 3,0 MW dan yang terbaru adalah PLTM Padang Guci-2 dengan kapasitas terpasang 2 x 3,5 MW.

Tak hanya itu, dengan komitmen mendukung tercapainya percepatan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan yang menjadi program Pemerintah, BREN saat ini juga sedang merampungkan PLTM Maiting Hulu-2 di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan berkapasitas 2 x 4,0 MW yang direncanakan akan mulai berproduksi pada Triwulan I tahun 2022.