Abipraya Bersama Dua BUMN Lainnya Tanamkan Rasa Kebangsaan Pada Siswa Lewat SMN

13 Agustus 2018


Ternate, 13 Agustus 2018 - PT Brantas Abipraya (Persero) bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) dan PT Balai Pustaka (Persero) perkenalkan kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia untuk menanamkan rasa kebangsaan melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Hari ini Abipraya bersama dua BUMN lainnya melepas 23 pelajar Ternate ke Jambi dan menerima 23 pelajar Jambi untuk belajar di Ternate.

“Program ini diadakan dari tanggal 13 Agustus - 20 Agustus 2018, dan saat ini kami akan menyambut pelajar terpilih dari Jambi untuk mengenal nusantara di Kantor Walikota Ternate. Kami harapkan kegiatan ini dapat memperkuat rasa cinta anak-anak Indonesia terhadap bangsanya,” ujar Rudi Pudianto - Manager Sekretariat dan Humas PT Brantas Abipraya (Persero).

Rudi menambahkan selama delapan hari para siswa akan mendapatkan banyak wawasan, seperti wawasan sosial budaya yang bertujuan untuk mengenalkan keberagaman budaya nusantara dan menanamkan nilai-nilai sosial kemanusiaan, wawasan pendidikan dengan pengenalan sistem pendidikan berkualitas setempat, wawasan entrepreunership yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berkreasi dan inovasi para siswa, dan yang terakhir adalah wawasan pengenalan perusahaan BUMN.

Sederet kegiatan juga telah dipersiapkan Abipraya, Pelindo IV dan Balai Pustaka untuk para pelajar Jambi yang berkunjung ke Ternate. Selain terdapat empat wawasan yang dibagi kepada pelajar, tiga BUMN ini juga memberikan materi Bela Negara bersama TNI-Angkatan Darat (AD) di Komando Resort Militer (KOREM) 152 Babullah.  

Selain berkegiatan di KOREM, para pelajar juga akan mengunjungi Pangkalan TNI-Angkatan Laut (AL) atau disebut dengan LANAL Ternate untuk mengikuti kegiatan team building dan charater building memperkuat kedisiplinan peserta SMN. Tak hanya itu, para pelajar pun akan berkunjung ke beberapa sekolah dan universitas unggulan di Ternate, juga berekreasi di tempat wisata terindah di Ternate.  

Menjadi peserta program SMN pun tak mudah. Peserta harus pelajar kelas XI SMA/SMK/SLB, putra daerah, berkepribadian mudah bersosialisasi serta memiliki budi pekerti yang baik, berasal dari keluarga berkenomi lemah, memiliki prestasi akademi dan non akademik, aktif dalam oganisasi dan para pelajar juga harus berbagi motivasi dalam mengikuti program ini.

“Sebagai perusahaan BUMN, Abipraya memiliki peranan yaitu menjadi agen pembangunan. Sama halnya dengan para pelajar berpreastasi ini. Bukannya tanpa alasan anak-anak Indonesia ini juga merupakan agen pembangunan bangsa, melalui kebanggaan dan kecintaan mereka terhadap tanah airnya ini para siswa dapat menambah semangat anak-anak bangsa dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan Indonesia kelak,” pungkas Rudi.